bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online
Home » , » Mengenal Istilah Keuangan

Mengenal Istilah Keuangan

Written By Supriadi on Wednesday, November 6, 2013 | 2:53 AM

Apa sih bedanya deposito dan reksa dana?
Apa pula yang dimaksud dengan harta likuid?
Yuk kenalan dengan beberapa istilah keuangan! 

Agunan
Jaminan yang diserahkan nasabah debitur kepada bank atau lembaga peminjaman dalam rangka pemberian fasilitas kredit atau pembiayaan.

Cash Flow
Disebut juga arus kas, yaitu aliran pendapatan atau pemasukan dan pengeluaran dalam anggaran keuangan. Jika nilai pendapatan lebih besar dari pengeluaran berarti keuangan dalam kondisi sehat dan sebaliknya.

Dana Darurat
Dana yang khusus disiapkan untuk menghadapi keadaan darurat, misalnya PHK, kecelakaan dan kondisi di luar dugaan lainnya. Untuk mengetahui dana darurat yang harus Anda persiapkan,

Deposito
Produk investasi dalam bentuk penyimpanan sejumlah uang di lembaga perbankan untuk jangka waktu tertentu, di antaranya satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun. Keuntungan yang diperoleh investor berupa tingkat bunga yang lebih tinggi dari tabungan.

Harta Likuid
Disebut juga dengan istilah harta lancar, yaitu harta yang mudah dijual untuk mendapatkan uang tunai, misalnya tabungan, deposito, reksa dana, dan emas batangan.

Kekayaan Bersih
Selisih nilai dari jumlah harta (rumah, kendaraan, perhiasan, tabungan, saham, dan lainnya) dikurangi utang atau kewajiban (cicilan rumah, kendaraan, kartu kredit dan pinjaman lainnya). Jumlah harta lebih besar dari utang disebut kekayaan bersih positif, begitu pula sebaliknya.

Premi
Sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh pemegang produk asuransi (tertanggung) secara berkala dalam periode tertentu kepada perusahaan asuransi.

Rekening Bersama
Rekening tabungan atau rekening koran yang dibuat dengan lebih dari satu nama, misalnya orang tua dan anak atau suami dan istri.

Reksa Dana
Wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal atau investor yang kemudian diinvestasikan oleh Perusahaan Manajemen Investasi dalam instrumen investasi berupa pasar uang, saham, obligasi, dan deposito. Keuntungan yang diperoleh investor berupa kenaikan nilai investasi seiring dengan periode investasi.

Utang Jangka Panjang
Utang atau kewajiban yang dibayarkan dalam jangka waktu di atas 1 tahun, misalnya utang KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Catatan Online Supri7 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Cara Gampang
Proudly powered by Blogger