bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online
Home » » Empat Cara pemasaran 24 Jam

Empat Cara pemasaran 24 Jam

Written By Supriadi on Wednesday, September 25, 2013 | 7:00 AM



Para profesional independen biasanya memiliki banyak agenda kerja. Kesibukan mereka beragam. Mereka harus memimpin rapat, melakukan koordinasi, melobi sampai memasarkan bisnis. Saking banyak pekerjaan yang harus ditangani, mereka hampir tidak punya waktu untuk istirahat, bahkan untuk tidur malam sekalipun. Kesannya, daftar pekerjaan yang harus diselesaikan tiada batasnya, sehingga mereka sama sekali tidak punya CUKUP waktu dalam sehari untuk memasarkan bisnis, melayani klien-klien, mengelola kantor dan sebagainya.
Tetapi, sebetulnya terdapat cara lain melakukan pemasaran tanpa harus mengorbankan waktu untuk istirahat. Kembangkan kegiatan-kegiatan pemasaran yang tetap bekerja meski Anda sedang tidur pulas. Berikut ini empat cara untuk melakukannya.

Membangun Jaringan Referensi
Jaringan referensi yang kuat memungkinkan pemasaran Anda tetap bekerja dalam dua cara. Pertama, klien-klien prospektif yang direferensi kepada Anda berasal dari jaringan lain, yang sudah menghabiskan banyak waktu untuk membangun hubungan tersebut. Bukan Anda yang menghabiskan banyak waktu, tetapi mereka menghabiskan waktu untuk kepentingan Anda.

Kedua, prospek-prospek yang direferensi besar kemungkinannya menjadi klien Anda, karena kepercayaan mereka pada orang yang memberi referensi akan berimbas kepada Anda. Tidak ada salahnya Anda menjalin hubungan langsung dengan klien-klien prospektif. Tetapi, daripada Anda menghabiskan banyak waktu untuk itu, fokuskan pada upaya mengetahui orang-orang yang bisa menjadi sumber referensi yang dapat dipercayai. Seseorang yang menjadi target market Anda adalah calon orang yang bakal mereferensikan klien-klien baru untuk bisnis Anda.

Pemberi referensi paling potensial adalah yang servisnya bersifat komplementer tetapi bukan kompetitif – orang-orang yang sering menemui orang lain, tetapi mereka sendiri tidak menyediakan jasa tersebut. Dalam kasus-kasus tertentu, Anda perlu melirik orang-orang di luar jalur profesi Anda guna mendapatkan orang-orang yang tepat untuk memberikan referensi. Carilah sumber-sumber referensi yang potensial melalui asosiasi perusahaan dan industri, kamar dagang dan jaringan-jaringan sosial.

Publikasi artikel
Apakah Anda suka menulis? Apakah artikel Anda pernah dipublikasikan? Apakah Anda pernah menjadi sumber berita di media massa? Asal Anda tahu saja, setiap artikel yang Anda publikasikan akan menjadi tukang jual yang bekerja untuk Anda 24/7? Pada saat klien-klien prospektif membaca artikel-artikel yang sudah dimuat dalam format cetak ataupun online dan mereka tertarik, mereka akan mengunjungi website Anda, menelpon ke kantor Anda, dan mengingat nama Anda.
Selain menambah visibilitas diri dan bisnis Anda dan menarik semakin banyak klien, artikel-artikel tersebut juga membangun kredibilitas Anda sebagai seorang pakar, yang akan mengubah prospek menjadi klien secara lebih mudah dan cepat. Namun, jangan membayangkan tulisan yang panjang dan banyak untuk mendapatkan tulisan yang berpengaruh.

Semakin banyak artikel yang Anda publikasikan semakin besar pula dampaknya. Tetapi, bukan itu saja patokannya. Daripada Anda terus-terusan menulis artikel baru, pendekatan yang paling produktif adalah mencari sebanyak mungkin media yang tepat untuk mempublikasikan setiap artikel yang Anda tulis. Meski beberapa media hanya menerima artikel baru, beberapa di antaranya masih mau menerima artikel yang dapat dipublikasi ulang. Ini peluang bagi Anda untuk memaksimalkan impak tulisan itu.

Terdapat banyak media yang dapat dipergunakan untuk menarik minat pembaca. Pertimbangkan untuk memanfaatkan majalah-majalah popular, jurnal-jurnal dagang, newsletters, bulletin, website dan berbagai media online lainnya.

Menciptakan publisitas
Menulis artikel adalah salah satu cara untuk menambah visibilitas dan menarik semakin banyak pelanggan. Pendekatan lain yang lebih kuat adalah menciptakan dan mengumpulkan artikel-artikel yang dipublikasikan tentang Anda. Kisah-kisah di media cetak, siaran dan web yang menonjolkan bisnis Anda dapat lebih efektif membangun kredibilitas Anda daripada artikel-artikel yang Anda tulis sendiri, karema mereka memiliki impak endorsement pihak ketiga.

Bisnis Anda bisa menjadi perhatian para editor dan produser. Caranya, antara lain, lewat rilis berita yang disampiakan secara teratur dan berdasarkan topik-topik tertentu. Tetapi cara ini tidak selalu efektif. Sebab, jika rilis media Anda tidak menarik baik kemasan maupun isunya, editor mudah mengabaikannya. Di samping itu, proses kerjanya membutuhkan banyak orang. Sebagai gantinya, Anda bisa mempertimbangkan taktik lain untuk membuat berita – menjalin kerja sama dengan jurnalis-jurnalis paruh waktu dan berlangganan media-media yang terkait dengan bisnis Anda.

Kapan saja Anda membaca laporan media tentang bidang profesional Anda, garisbawahi jika laporan itu ditulis oleh seorang wartawan freelance. Reporter-reporter seperti ini selalu tertarik mencari sumber-sumber berita yang reliable untuk mendapatkan berita-berita menarik. Dan biasanya mereka menulis untuk beberapa media sekaligus. Kalau perspektif dan gagasan Anda bisa menarik perhatian seorang wartawan freelance, nama Anda akan menjadi salah satu narasumber dalam berbagai berita yang dia muat di berbagai media itu.

Menghadirkan website
Menggunakan tiga pendekatan pertama akan banyak membantu membentuk visibilitas bisnis Anda secara online. Sebutkan bisnis Anda dalam komunitas-komunitas online, artikel-artikel yang Anda terbitkan, dan berbagai media yang mengutip pendapat atau profil bisnis Anda. Semuanya itu membuat website Anda ramai dikunjungi dan membuat nama Anda menjadi buruan banyak mesin pencarian.
Namun, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda tempuh untuk memaksimalkan kehadiran web. Pertama, masukkan selalu website URL Anda ketika mem-posting suatu informasi ke komunitas online atau pada saat berkomentar di blog, pada setiap artikel yang dipublikasikan, juga pada biodata ketika Anda menjadi pembicara. Ketika Anda berpartisipasi dalam jaringan-jaringan sosial online atau direktori-direktori artikel yang memungkinkan Anda menyusun profil pribadi, pastikan Anda mendapat manfaat dari opsi ini. Informasi-informasi seperti ini dapat menjadi jalan langsung menuju pintu virtual Anda.

Kedua, jika ruang lingkup bisnis Anda bersifat lokal, terbatas di satu wilayah kota tertentu, cantumkan nama kota pada setiap halaman website (di bagian catatan kaki, misalnya). Dengan cara itu orang-orang yang memburu secara online bisnis seperti yang Anda geluti kemungkinan besar akan mencari Anda. Untuk lebih memudahkan, pastikan juga website Anda terdaftar dalam Pusat Bisnis Lokal Google dan Daftar Lokal Yahoo (keduanya gratis).

Ketiga, untuk menambah visibilitas dan kredibilitas website Anda, masukkan testimoni-testimoni dari orang-orang berpengaruh dan pelanggan-pelanggan yang puas dengan servis Anda, artikel-artikel yang Anda tulis, dan laporan-laporan media massa tentang diri dan bisnis Anda. Menambah konten-konten yang berguna pada situs Anda biasanya akan menambah daya tarik, sehingga makin banyak link dengan search engines dan orang-orang lain dengan website Anda.
***
Seperti Anda lihat, terdapat berbagai pendekatan yang Anda bisa tempuh untuk membuat pemasaran Anda tetap bekerja meski Anda sedang cuti atau terlelap tidur. Praktekkan satu atau dua saja dari berbagai kemungkinan tersebut.
Kalau Anda dapat menggunakan hanya beberapa dari teknik-teknik tersebut untuk mendapatkan cara-cara yang dapat memasarkan bisnis Anda, Anda sendiri tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memasarkannya. (yhs)
 

Oleh: C.J. Hayden, MCC
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Catatan Online Supri7 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Cara Gampang
Proudly powered by Blogger